Menikmati Kearifan Lokal di Homestay Sunan Bonang, Hotel Murah di Magelang Dekat AKMIL

Aku sempat berdebat dengan suami ketika menentukan penginapan ketika mudik ke Magelang. Rumah mertua sudah penuh dengan saudara yang sedang berkunjung. Ketimbang bertumpuk-tumpuk dirumah, kami memilih mengingap di luar saja. Ada banyak hotel di Magelang tapi budgetnya di atas anggaran kami. Aku sempat merekomendasikan Homestay Sunan Bonang. Suami menampiknya sambil tertawa. “Itu paling kos-kosan, lokasinya khan dekat AKMIL”, begitu ujarnya. Aku pun nyengir dan memilih diam. Biar suami yang memilih.



Namun entah mengapa kemudian suami tiba-tiba meminta untuk pesan hotel itu. Langsung saja aku pesan melalui Booking.com. Ini kali kedua aku pesan hotel melalui situs tersebut. Tidak ada deadline waktu pembayaran dan bisa bayar di tempat.


Rupanya sebelum berangkat untuk menjemput, suami menyempatkan diri melewati hotel murah di Magelang Kota itu. Dari hasil penyidikannya cukup bagus katanya. Tidak seperti kos-kosan yang di bayangkan sebelumnya. Oke, mari kita buktikan.

Aku sekeluarga sampai hotel di magelang dekat AKMIL ketika waktu sudah malam. Sekitar pukul 22.00 WIB sesuai waktu perkiraan yang dituliskan di situs Booking.com. Saat booking aku memilih kamar yang berisi dua bed tapi sayangnya penuh. Resepsionis lalu memberikan alternatif kamar dengan harga yang sama namun dengan satu tempat tidur ukuran besar. Berhubung masih mencukuppi untuk tidur kami berempat, oke lah aku tetap menginap di Homestay Sunan Bonang.



Tidak ada welcome drink namun perlengkapan mandi yang disediakan hotel di magelang yang terhitung murah. Tarifnya mulai Rp175.000,-. Di dalam kamar juga tersedia tempat minum gallon tapi sayangnya kosong. Beruntung sebelum check in aku sempat membeli minum terlebih dahulu.



Pagi harinya kami terbangun oleh suara mbok jamu yang menjajakan dagangannya. Suami tertarik dan langsung pesan. Aku yang biasanya minum jamu setiap hari ikut nimbrung. Demikian pula Awan yang suka minum beras kencur. Rasa jamunya asli segar dan masih hangat. Sangat nikmati diminum di udara Magelang yang cukup dingin. Jamu adalah salah satu kearifan lokal yang sayang untuk dilewatkan. Jadi ketika menginap di hotel murah di magelang dekat AKMIL ini, cobalah untuk bangun sekitar pukul 06.30 WIB untuk ikut mencicipi jamu.

Usai minum air jamu, Awan langsung semangat untuk mandi. Hotel murah di Magelang Kota ini juara fasilitas air hangatnya. Pengaturan airnya mudah dan lancar. Awan sampai tidak mau berhenti sebelum akhirnya aku angkat meski akhirnya menangis.

Supaya Awan tidak berlarut-larut menangis, aku mengajaknya melihat-lihat kondisi hotel. Konsep hotel yang berhadapan memang sepintas seperti kos-kosan. Namun jika naik ke lantai dua maka sebuah lobby yang luas dengan pajangan lukisan bertema kearifan lokal masyarakat Magelang. Awan senang sekali di lobby karena ada kaca besar yang bisa melihat pemandangan di bawah dan bisa berlari-larian. Rupanya di lantai dua ini lokasi kamar VIP berada. 


Setelah Awan tenang dan cukup puas melihat-lihat lantai dua homestay Sunan Bonang, aku mengajaknya turun untuk ikut mencuci botol susu di dapur homestay. Dapurnya terletak di sebelah parkiran yang cukup luas dan muat beberapa mobil. Di dapur aku melihat koleksi piring keramik yang cantik-cantik. Sepertinya pemilik homestay memiliki kepedulian tinggi tentang kearifan lokal sebagaimana yang terpampang di resepsionis. Saat check in aku melihat penguman yang bertuliskan larangan untuk pasangan yang belum menikah untuk menginap sesuai kebijakan masyarakat setempat. Tentunya ini patut di apresiasi.

Sarapan sudah tersedia di kamar setelah aku kembali dari dapur. Menu dalam kotak steorofom ini komplit dan enak. Awan suka sekali dengan kremesannya. Dua box tandas untuk kami bertiga, suami cukup minum kopi yang dipesannya melalui resepsionis hotel di Magelang dekat Taman Kyai Langgeng ini.


Kami check out pagi hari karena ada urusan di salah satu tempat wisata Magelang bersama teman-teman blogger. Meski tidak lama menginap di Homestay Sunan Bonang, Hotel Murah di Magelang Dekat AKMIL ini mempesona dengan kearifan lokalnya.

3 Komentar

  1. Emang biasanya penginapan yang kecil-kecil asal bersih yang bikin nyaman serasa di rumah ya mba :)

    BalasHapus
  2. Iya mbak, apalagi ini lokasinya cukup strategis :)

    BalasHapus